Cara Mengatasi Ambeien / Wasir

Memiliki ambeien sangatlah menyakitkan, bahkan benar-benar menyiksa. Mulai dari duduk yang tak nyaman sampai sakit saat buang air besar (BAB). Walau bukan penyakit yang dapat membuat kematian, tapi bagi para perderita ambeien benar-benar merasa terganggu.
Ambeien atau disebut juga wasir  adalah gejala akibat peleberan pembuluh darah vena didaerah sekitar anus. Ambeien sendiri masih dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu ambeien internal dan eksternal. Untuk wasir eksternal, letaknya berada diluar lubang anus. Sedangkan wasir internel, letaknya berada disekitar rektum dan wasir jenis ini sewaktu-waktu dapat berubah menjadi wasir eksternal jika pembengkakannya terlalu parah. Kedua-duanya, sama-sama sangat menyiksa dan menderita bagi para penderitanya.

Penyebab Wasir/ Ambeien


Beberapa hal yang menjadi faktor terjadinya ambeien atau wasir yaitu:
-          Usia penderitanya
-          Kehamilan
-          Mengejan berlebihan hingga menimbulkan kram
-          Duduk atau berdiri telalu lama
-          Terlalu sering mengangkat beban berat
-          Sembelit
-          Diare yang menyebabkan penderitanya akan sering buang air besar.
-          Sering makan cabe dan rempah-rempah yang membuat pembuluh melebar
-          Keturunan
-          Kanker dubur
-          Radang pada dubur
-          Penyempitan dubur

Gejala yang di timbulkan Ambeien/Wasir

Perdarahan ketika buang air besar, gatal dan rasa sakit di daerah anus adalah gejala umum ambeien. 


- Ambeien eksternal: Sakit di daerah anus. Darah terkumpul di bawah kulit, membentuk benjolan keras dan sakit jika disentuh.


- Ambeien internal: Perdarahan pada anus. Mungkin ada bercak darah di toilet setelah buang air besar.

Gejala lain ambeien internal adalah gatal sebab ambeien jenis ini kadang menyerap lendir yang dapat membuat kulit sekitar anus menjadi gatal.


Iritasi pada kulit. Ambeien berukuran besar yang menonjol di anus mungkin mengeluarkan lendir yang bisa menyebabkan iritasi ringan. 


Rasa sakit. Kebanyakan ambeien internal tidak menimbulkan rasa sakit. Namun jika ukurannya besar, bisa timbul rasa sakit bila ambeien tertekan otot yang mengendalikan anus. Rasa sakit yang amat sangat bisa jadi pertanda berhentinya suplai darah ke ambeien. Perawatan diperlukan untuk hal tersebut. 

Cara Mengatasi Ambeien / Wasir

1. Bawang putih
Tumbuk halus, peras, ambil airnya dan oleskan di sekitar dubur setiap hari.

2. Daun salak
Rebus 3 lembar daun salak dalam 1 gelas air, saring, tambahkan gula merah secukupnya, minum 2 kali sehari secara rutin.

3. Daun wungu (Graptophyllumpictum L.)
Cuci 7 lembar daun wungu dan adas pulosari, rebus dalam 3 gelas air hingga mendidih dan air tinggal 1 gelas, saring, dan siminum setiap pagi secara teratur.

4. Jambu biji
Cuci bersih beberapa pucuk daun jambu batu muda dan 1 buah pisang batu yang tidak dikupas, haluskan, peras, minum air perasan setiap hari secara rutin sampai sembuh.

5. Jamur kuping
Rebus 15 gram jamur kuping, tambahkan gula, makan hasil rebusan selama beberapa hari.

6. Kecubung
Rebus bagian batang atau daunnya yang sudah dibersihkan. Gunakan untuk mencuci anus secara rutin.

7. Lidah buaya
Ambil daging buah dari ½ lidah buaya yang sudah dibersihkan. Parut, tambahkan ½ gelas air masak dan 2 sdm madu, aduk, saring, minum ramuan 3 kali sehari sampai sembuh. Untuk membantu proses, oleskan lidah buaya yang dicampur dengan norit serta bubuk gambir pada daerah anus.

8. Pare
Cuci bersih akar, buah, dan biji pare, tumbuk halus, peras hingga ½ mangkuk air. Campurkan 2 sdm minyak kelapa. Berndam dengan air panas pada daerah anus, tempelkan dengan kapas ramuan yang sudah dibuat.

9. Pegagan
Bersihkan dan potong-potong 5 tanaman pegagan dengan akarnya. Tambahkan 1 cangkir air panas, didihkan sekitar 5 menit, biarkan hingga dingin, minum sedikit demi sedikit 1 cangkir sehari.

10. Pisang kluthuk atau pisang batu
Parut 1 buah pisang, peras, ambil airnya. Campur air perasan dengan adas pulosari secukupnya dan satu potong gula aren. Aduk, saring, lalu minum sekaligus.

11. Sarang semut
Bisa didapat dari tumbuhan sarang lemut asli atau bisa juga membeli kapsul yang sudah banyak dijual di pasaran.

12. Tape singkong
Makan tape singkong yang sangat masak (lembek) rutin 3 kali sehari. Lakukan terus walaupun gejala ambeien sudah menghilang.

13. Terong ungu
Rebus terong, lidah buaya, dan sambiloto hingga mendidih. Gunakan air rebusan untuk mencuci anus yang terkena ambeien/ wasir.
14. Perbanyak Jalan Kaki 
15. Jeruk nipis
Sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari. Baca Juga manfaat Jeruk Nipis yang lain.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori kesehatan dengan judul Cara Mengatasi Ambeien / Wasir. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://karyapantun.blogspot.com/2012/12/cara-mengatasi-ambeien-wasir.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arief cahyadi - Thursday, December 20, 2012

1 Komentar untuk "Cara Mengatasi Ambeien / Wasir"

Entri Populer